Diary PPL
GURU YANG TAK BERSAHABAT

-Usai mengajar di kelas XII IPS xxx tiba-tiba Chandra bilang kalau aku guru yang tak bersahabat. What’s?! apa gak salah denger nech?! Ini Fitnaaahhh?! (jeritku tak percaya)_hehe, ini terlalu dramatisir ya kata-katanya?!
Ceritanya begini. Hari ini aku mengajar mengenai komik di kelas XII IPS xxx . Hm, siswa-siswanya kurang bisa dikondisikan. Berulang kali sudah aku peringatkan jangan terlalu gaduh selama aku menjelaskan tapi mereka tetap saja ada yang berbuat macam-macam. Lalu aku keluarkan jurus andalanku, diam memperhatikan terus siswa yang sedang berulah hingga yang lain juga berpaling ke arahnya. Setelah itu suasana kelas hening. Aku pun mulai mengeluarkan kata-kata peringatan bersifat nasehat. Juga mengeluarkan kata-kata sindiriran. Seperti ini misalnya, ’begini ya kalian kalau guru PPL yang mengajar, meremehkan lalu berulah macam-macam. Dan bla-bla-bla....’. Semua diam. Juga ada suara, ’enggak kok pak, jangan su’udzon pak, gak baik pak’ , serta macam-macam kata lagi yang intinya aku gak boleh buruk sangka pada mereka. Ada salah satu siswa yang kebetulan akrab sama guru PPL olahraga yag bernama pak Chandra. Dia SMS mengenai kejadian ini plus memberi komentar mengenaiku kalau aku guru PPL yang tidak bersahabat. By the way, bila sedang ’omel-omel’ mukaku tetap pasang senyum kok jadi kesannya tidak jutek-jutek banget, tapi temen-temenku langsung menimpali ’kamu tu gak jutek, kalem tapi kata-katamu menusuk’ He?! Hahaha. Aku sech tertawa aja wong akunya sendiri lho gak bermaksud marah-marah gitu. ’tapi kamu tuh udah kerasa kalo orange serius’ begitu tambah teman-teman. Serius?! Oya?! Masa’ sech?!
Ketika sampai kontarakan Chandra langsung mengutarakan SMS dari siswanya tadi. Otomatis aku hanya bisa menahan senyum ketika mendapat kritikan semacam itu.
Hm, ok dech, mungkin benar juga aku terlalu sensitif sama kelas tadi.
Namun dipertemuan selanjutnya di kelas yang sama kembali aku ’omel-omel’, hehe. Kali ini aku bilang, ’sebenarnya tidak ada guru yang killer, hanya kalian sendiri yang menciptakan keadaan kelas yang membuat guru bertindak seperti itu’. Lalu ada tambahan, bahwa cerita mengenai SMS siswa di situ yang mengatakan aku tidak bersahabat aku utarakan, wezz otomatis si siswa jadi merasa , hehe. Hingga mungkin siswa kelas itu merasa aku sentimentil sama mereka. Perlu diketahui wahai sodara-sodara, aku tidak galak seperti itu, boro-boro sentimentil, aku ingin diperhatikan saja sewaktu mengajar, gituh loh! Okehh?!
Merasa kejadian ini sebagai masukan, aku akan berusaha untuk mengajar dengan penuh cinta!! sehingga kelak ketika aku mengutarakan masa PPL-ku sudah berakhir kalian (siswa-siswa) akan merasa sangat sedih dan sangat-sangat kehilangan aku, ’Hiks!’ ;-D
Hehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

akhirnya liat SM

go to Bojonegoro