sudut melankolia
SISWA
Ketika pertama kali masuk kelas tertanam sudah dalam benak, sekarang aku jadi guru maka berbuatlah sebagaimana guru yang menyenangkan seperti guru kesayanganku dulu.
Saat memberi ulasan materi dimana aku bisa melihat semua siswa. Ada banyak reaksi selama pelajaran. Aku terhempas dalam kenangan silam ketika menjadi siswa. Aku harus ‘bertransformasi kenangan’. Seandainya aku jadi siswa saat ini apakah aku bisa menerima pelajaran yang baru saja aku ulas. Refleksi ini sangat berguna agar aku benar-benar bisa mentransfer ilmu dengan baik.
Di kelas, dari depan saat memandangi siswa-siswa tiba-tiba aku menemukan banyak keajaiban. Dia mirip temanku! Dia mirip sahabatku dulu! Ah, yang benar saja. Ya, meski dia bukan teman yang ku kenal tapi ada kesan temanku pada mereka. Sehingga ku temukan banyak ‘temanku’ di sini. Aku bisa merasakan ini. Teman-temanku ada dalam siswa-siswaku. Hm, aku pun senyum-senyum sendiri. Bisa jadi sosokku juga ada di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

akhirnya liat SM

go to Bojonegoro